SMP Walisongo Pecangaan
Unggul Dalam Prestasi… Santun Dalam Pekerti…

Ekskul dan Mulok

Extrakurikuler dan Muatan Lokal

 

Muatan Kurikulum

Muatan Kurikulum SMP Walisongo Pecangaan  meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, dan muatan lokal yang dikembangkan oleh sekolah serta kegiatan pengembangan diri.

 

Mata Pelajaran

Mata pelajaran terdiri dari :

Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Jasmani, Seni Budaya, dan Teknologi Informasi Komunikasi, Conversation.

Pembelajaran setiap mata pelajaran dilaksanakan dalam suasana yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat antara peserta didik dan pendidik.

Metode pembelajaran diarahkan berpusat pada peserta didik. Guru sebagai fasilitator mendorong peserta didik agar mampu belajar secara aktif, baik fisik maupun mental. Selain itu, dalam pencapaian setiap kompetensi pada masing-masing mata pelajaran diberikan secara kontekstual dengan memperhatikan perkembangan kekinian dari berbagai aspek kehidupan.

 

Muatan Lokal

Letak geografis SMP Walisongo Pecangaan yang berada di lingkungan yang cukup asri akan banyak memberi warna  terhadap proses pembelajaran  di kelas. Oleh karena itu, program Muatan Lokal yang dipilih adalah yang berkaitan dengan kondisi lingkungan sekitar sekolah yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, khusus untuk kelas VII sampai kelas IX, yaitu Pendidikan Bahasa Jawa dan Keterampilan Ukir dan Keterampilan Seni Dekorasi khusus kelas VII dan VIII.

 

Kegiatan Pengembangan Diri

Pengembangan diri diarahkan untuk pengembangan karakter peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi persoalan dirinya, persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya, dan persoalan kebangsaan. Sekolah memfasilitasi kegiatan pengembangan diri seperti berikut ini.

  1. Bimbingan Konseling, mencakup hal-hal yang berkenaan dengan pribadi, kemasyarakatan, belajar, dan karier peserta didik.
  2. Bimbingan Konseling diasuh oleh guru yang ditugaskan.
  3. Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di luar kelas (ekstrakurikuler)  diasuh oleh guru pembina. Pelaksanaannya secara reguler setiap hari  tertentu yang disepakati siswa dan pembina,  yaitu :

 

Praja Muda Karana (Pramuka)  

Adalah Kegiatan extra wajib yang harus diikuti oleh siswa pada jenjang tertentu sebagai sarana latihan siswa agar memiliki ketrampilan hidup, berjiwa disiplin, mandiri dan mampu survive dalam menghadapi kehidupan.

 

Patroli Keamanan Sekolah (PKS) 

Adalah extra yang bersifat pilihan untuk semua siswa putra maupun putri sebagai sarana bagi siswa untuk mengasah kemampuan siswa dalam ketrampilan hidup, berjiwa disiplin, mandiri dan mampu survive dalam menghadapi kehidupan. Selain itu juga dapat memahami dan mematuhi peraturan lalu lintas.

 

Palang Merah Remaja (PMR)

Adalah extra yang bersifat pilihan untuk semua siswa putra maupun putri sebagai sarana bagi siswa untuk mengasah kemampuan siswa dalam bidang kesehatan. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat.

 

 

Olah raga :

Adalah kegiatan extra yang bersifat pilihan sebagai sarana mengembangkan kemampuan dibidang olahraga seperti Sepak Bola, Bola Basket, Bola Volly, Renang, Pencak Silat yang diminati siswa agar bakat siswa tersalurkan dengan baik. Adapun untuk saat ini SMP Walisongo Pecangaan telah memiliki padepokan Pencak Silat dan club sepak bola, serta memiliki Sekolah Sepakbola (SSB) yang menelurkan beberapa atlit khususnya kota Jepara, dan juga pernah meraih juara 2 kompetisi Sepakbola di Jawa Barat.

 

Seni :

Al-Qur’an Bittaghoni

Adalah kegiatan ektra yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas bacaan Al-Qur’an siswa. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa yang belum baik bacaan dan hafalan al-Qur’annya sampai dinyatakan lulus. Serta

 

Keterampilan Bordir

Adalah kegiatan extra yang bertujuan memberikan bekal keterampilan membordir bagi siswa agar dikemudian hari mempunyai keahlian yang dapat dipergunakan dan dikembangkan sebagai bekal untuk hidup bermasyarakat. Adapun sasarannya adalah para siswa masing masing bisa mengoperasikan dan mengenal mesin jahit dan bordir.

 

Keterampilan Dekorasi

Merupakan salah satu pelajaran muatan local yang ada di SMP Walisongo Pecangaan, yang bertujuan memberikan bekal keterampilan dekorasi bagi siswa agar dikemudian hari mempunyai keahlian yang dapat dipergunakan dan dikembangkan sebagai bekal untuk hidup bermasyarakat. Adapun sasarannya adalah para siswa masing masing bisa membuat beberapa macam seni dekorasi dari bahan kertas maupun Janur.

 

Paduan Suara (Koor)

Kegiatan ini bertujuan untuk mendirikan atau membuat sebuah group vocal yang terdiri dari siswa putri maupun putra, agar dikemudian hari dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi sekolah itu sendiri.

 

Nasyid atau Qasidah

Adalah kegiatan yang bertujuan untuk mencari bakat – bakat terpendam yang dimiliki oleh masing – masing siswa. Dalam kegiatan ini sasaran utamanya adalah bagaimana cara memainkan alat musik dan bernyanyi dengan diiringi musik maupun tanpa musik dengan benar sesuai dengan nada atau not yang dibunyikan.

 

Foto – Foto Kegiatan

Belum Ada Tanggapan to “Ekskul dan Mulok”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: